Selasa, 20 April 2010

LATAR BELAKANG, PROSES, DARI KONFLIK

ANTARA INDIA DENGAN PAKISTAN SEMPAI SAAT INI

Sebelum kita berbicara tentang masalah konflik antara India dengan Pakistan,terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari kedua wilayah Negara tersebut. Hal ini bertujuan untuk lebih menspesifikasikan tentang pemaparan yang akan saya coba tulis.

INDIA

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa india merupakan salah satu Negara Republik yang berada di Asia bagian Selatan. Republik India adalah sebuah Negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, hal ini sesuai dengan sensus penduduk yang ternyata berhasil mencatat populasi penduduk di India yang mancapai lebih dari satu miliyar jiwa, serta merupakan Negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografisnya. Peningkatan jumlah populasi penduduk di India tercatat meningkat pesat sejak pertengahan tahun 1980-an.

Dalam hal bidang ekonomi, India merupakan Negara yang memiliki tingkat perekonomian terbesar keempat di dunia dalam PDB, hal ini diukur dari segi peritas daya beli (PPP), dan merupakan salah satu Negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Sistem Negara India bersifat demokrasi liberal yang merupakan Negara demokrasi liberal terbesar di dunia. Di Negara India juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, dan memiliki kekuatan militer terbesar dan mempunyai kemampuan sejata nuklir.

Letak Negara India berada di wilayah Asia bagian Selatan, dengan garis pantai sepanjang 7.000 km. India juga merupakan sebuah Negara yang manjadi bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah.

India juga merupakan tempat dari berkembangnya peradaban kuno, seperti Budaya Lembah Indus dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama di dunia, yaitu: Hindu, Budha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini juga merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaannya pada tahun 1947.

PAKISTAN

Pakistan merupakan Negara yang berasal dari pembagian wilayah Negara India. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada tahun 1947 terjadi pembagian di wilayah Negara India yang melahirkan Negara baru yang disebut dengan Negara Pakistan.

Negara Pakistan sendiri mulai muncul di peta dunia pada tanggal 14 Agustus 1947. Mayoritas penduduk Pakistan beragama Muslim. Pakistan didirikan pada saat puncak perlawanan Kaum Muslim di kawasan Asia Selatan yang ingin memisahkan diri dari negerinya. Dan perlawanan ini pun berhasil, akhirnya mereka pun dikeluarkan dari negerinya.

LATAR BELAKANG TERJADINYA KONFLIK INDIA-PAKISTAN

Latar belakang terjadinya perang India dengan Pakistan berawal dari konflik politik, yaitu tentang perebutan wilayah Kashmir.

Hal ini bermula pada tahun 1941, yaitu ketika Gulab Singh dan penggantinya menguasai Kashmir. Dan pada sensus tahun 1941, wilayah Kashmir memiliki jumlah penduduk sebesar 4.021.698 orang, serta 3.101.247 diantaranya adalah beragama Muslim. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pada wilayah yang bergejolak di Kashmir, 94% penduduknya beragama Muslim.

Pada saat itu rakyat Kashmir bangkit melawan kekuasaan Penguasa Kashmir. Hal ini dipicu oleh sikap penguasa yang terkenal dengan kekejamannya, terutama pada saat proses penumpasan pemberontakan yang terjadi pada tahun 1931. Kemudian pada tahun 1932, Sheikh Abdullah membentuk sebuah paratai politik di Kashmir yang dikenal dengan the Jammu & Kashmir Muslim Conference (yang kemudian dirubah namanya menjadi National Conference pada tahun 1939).

Dan pada akhirnya, pada tahun 1934, penguasa Kashmir melunak sehingga beliau member kesempatan kapada rakyat untuk berdemokrasi namun secara terbatas, yaitu dengan didirikannya DPR. Namun, rakyat tetap bersikeras untuk tetap memperjuangkan keinginannya, yaitu keinginan untuk lepas dari kekuasaan Penguasa Kashmir.

Kemudian berdasarkan instrument pembagian India, penguasa wilayah diberikan pilihan kepada untuk menentukan kemana mereka akan bergabung, ke India atau Pakistan. Namun, mereka disarankanuntuk menjadi wilayah tersendiri, hal ini sesuai dengan mempertimbangankan wilayah geografi dan masalah etnik.

Sesuai dengan pemaparan tadi, maka dari sinilah dimulainya konflik antara India dengan Pakistan.

PROSES PERANG INDIA-PAKISTAN

Perang India-Pakistan, merupakan perang yang terjadi sejak bulan Agustus 1947, perang ini terjadi antara India dengan Pakistan. Peristiwa ini memiliki empat kejadian perang, tiga diantranya merupakan perang utama dang yang lainya merupakan perang kecil yang terjadi dianyara kedua Negara. Tiap kasus perang yang terjadi, penyebab utamanya ialah perebutan wilayah Kashmir, kecuali perang yang terjadi antara India-Pakistan pada tahun 1971 yang disebabkan oleh masalah wilayah Pakistan Timur.

Perang yang terjadi

  • Perang India-Pakistan 1947: Pakistan merbut 1/3 Kashmir (Pakistan mengklaim Kashmir sebagai wilayahnya) dengan bantuan Pashtun. Hindu dan Sikhs dihilangkan dari Kashmir Pakistan. India membalas dengan mengirim pasukan ke Gurdaspur.
  • Perang India-Pakistan 1965: Pasukan Pakistan berusaha memasuki teritori Kashmir India untuk memicu pemberontakan oleh Kashmir. Rencana ini gagal dan penyusup dapat ditemukan, sehingga India membalas hal ini. Perang ini diakhiri dengan gencatan senjata, dan India dapat merebut sedikit teritori Pakistan.
  • Perang India-Pakistan 1971: Bangladesh meminta kemerdekaan dari Pakistan. Tentara Pakistan melakukan pembunuhan dan pemerkosaan besar di Bangladesh dan genoside penduduk Bengali. Jutaan pengungsi pindah ke India. India membantu Mukti-Bahini Bangladesh dan menaklukan Pakistan, sehingga Bangladesh merdeka dan Pakistan menyerah seluruhnya.
  • Perang India-Pakistan 1999, juga disebut "Perang Kargil": Tentara Pakistan dan beberapa pemberontak Kashmir merebut pos tentara India. India membalas dan merebut kembali pos itu. Tekanan internasional terhadap Pakistan membuatnya mundur. Perang berakhir dengan India merebu Kargil dan isolasi diplomatik Pakistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar